Pilih "Browser" Sesuai dengan Kebutuhan

Ketika Anda mendengar kata internet, mungkin yang terpikir adalah "menjelajah jaringan", atau mencari situs web. Untuk itu, Anda membutuhkan suatu program komputer yang menyediakan fasilitas untuk membaca halaman situs web di komputer. Program dengan fasilitas semacam itu biasa dinamakan dengan browser.

Browser mana yang harus dipilih? Pilihannya kembali kepada Anda. Artinya, sesuaikan dengan sejauh mana Anda menggunakan internet. jika ada banyak fitur yang memudahkan Anda browsing, dan dirasa dibutuhkan, maka browser tersebutlah yang harus dipilih.

Internet Explorer

Versi terbaru dari IE adalah versi IE 8. IE 8 kini menawarkan banyak fasilitas seperti tabbed browsing dan fitur web slices. Dengan adanya kedua fitur ini, kita bisa mengetahui informasi terbaru dari situs web yang sering dikunjungi tanpa perlu mengunjunginya. Info baru dari situs web ini akan ditampilkan dalam sebuah jendela.

IE 8 juga memiliki mode inpivate browsing. Mode ini berguna untuk mencegah browsing menyimpan history, temporary internet file, form data, cookies, username, hingga password yang kita lakukan dari aktivitas internet yang kita lakukan tersebut.

IE 8 juga memperkenalkan fitur-fitur baru lainnya macam caret browsing, accelerator, automatic crash recovery, suggested sites, dan web slices.

Dari segi keamanan, IE 8 kini dilengkapi dengan mode smart screen filter, fasilitas yang mampu menangkal fishing. Smart screen filter menawarkan beberapa pengembangan seperti user interface, pengoperasian yang lebih cepat, dan anti-malware untuk memblok download yang tidak aman. Pengaman lainnya yang tak kalah penting yakni tersedianya fasilitas parental control. Fasilitas ini mencegah anak-anak untuk tidak masuk ke situs web yang tak mestinya dikunjungi. Sayangnya, browser ini kalah cepat jika dibandingkan dengan pesaingnya.

Firefox

Mozilla Foundation resmi menghadirkan Firefox 3.5. Andalan browser ini yakni, adanya fitur trace monkey java script engine yang 2 kali lebih cepat saat start-up hingga melakukan browsing dengan navigasi dari web ke web dibanding dengan versi lamanya.

Browser ini mudah digunakan, pengoperasiannya dirancang sederhana dalam arti mudah dioperasikan.

Firefox mampu menampilkan video di halaman situs web tanpa membutuhkan plug-in, modus browsing tersembunyi (private browsing), Font yang bisa diunduh untuk halaman situs web dan teknologi geolocation yang memungkinkan halaman situs web mengetahui lokasi fisik pengguna.

Selain itu, kotak pencariannnya juga lebih pintar, yakni hanya dengan mengetikkan sebuah huruf atau kata, maka browser akan memberikan pilihan perkiraan alamat situs web, serta kata kunci pencarian.

Firefox dilengkapi fasilitas untuk mencegah masuknya virus, spyware, malware, phising, dan pop-up iklan. Selain itu, fitur security-nya juga meliputi password manager terintegrasi, update otomatis untuk memperbarui masalah keamanan dan juga fasilitas parental control.

Opera

Versi terbaru dari browser ini adalah Opera 10 Beta. Fitur pertama yang jadi andalannya yakni Opera turbo. Dengan fitur ini, pengguna dimungkinkan mempercepat akses internet sekaligus menghemat bandwidth. Tab Opera 10 kini bisa dilebarkan sehingga menampilkan thumbnail dari situs-situs yang sedang dibuka dari berbagai tab tersebut. Kemudian, fitur speed dial yang muncul untuk setiap tab baru.

Browser Opera 10 menawarkan fasilitas untuk menavigasi dengan perintah suara. Tidak hanya itu, kita juga bisa meminta browser untuk membacakan isi sebuah situs web.

Fitur lainnya seperti quick find, yaitu fasilitas pencarian secara cepat, toolbar yang bisa dikelola dan digonta-ganti, serta fasilitas untuk menampilkan beberapa situs web sekaligus dalam satu jendela. Juga ada fasilitas preview situs web dengan mengarahkan mouse ke sebuah tab, maka dengan fasilitas ini, situs web yang terkena kursor mouse akan ditampilkan dalam kotak kecil.

Keamanan Opera pun cukup andal. Beragam fasilitas keamanan untuk menangkal masuknya beragam jenis malware telah disediakan. Kita juga bisa menghapus semua informasi jejak browsing yang telah kita buka dengan sekali klik.

Flock

Ingin punya browser yang paling nyaman untuk akses ke situs jejaring sosial? Browser ini bisa jadi pilihan. Pembuatnya memang menjuluki Flock sebagai social web browser. Ini terkait dengan fasilitas yang tersedia di situs web yang didominasi warna biru tersebut, yaitu kemudahan berinteraksi dengan situs-situs jejaring sosial perkawanan seperti facebook, MySpace, Flickr, Twitter, dan sebagainya.

Browser ini sangat cocok bagi mereka yang senang bermain-main dengan situs jejaring macam facebook, flickr, Myspace dan banyak lagi yang lainnnya. Browser ini juga bisa dijalankan di sistem operasi Windows, Mac OS dan Linux.

Chrome

Inilah browser keluaran Google. Browser ini sedikit berbeda dibanding dengan browser lainnya. Chrome tidak memiliki title bar standar. Oleh karena itu, halaman situs web yang biasa ditampilkan jauh lebih lega. Chrome juga tidak memiliki menu bar. Hanya ada tab dan bar untuk navigasi (address box). Kemampuan menarik lainnya yakni (drag-and-drop) tab keluar dari jendela browser untuk membuat jendela baru, mengumpulkan beberapa tab dalam satu jendela, atau mengatur tab sesuai keinginan dengan cepat dan mudah.

Browser ini memiliki address bar yang cerdas. Setiap kali Anda mengetikkan teks di kotak alamat, Chrome akan menawarkan saran pencarian. Anda juga dapat menggunakan panel alamat untuk menandai (bookmark) situs web dan mengetahui keamanannya.

Fasilitas yang tak kalah menarik adalah shortcut situs-situs web yang sebelumnya sering dikunjungi. Jalan pintas ini bentuknya tidak tampil sebagai link berbentuk teks, namun thumbnail situs.

Browser ini dilengkapi anti phising, malware, pop-up dan antivirus. Memory yang terpakai browser ini hanya 18 MB. Bandingkan dengan browser lainnya seperti Firefox sebesar 111 MB dan Opera sebesar 120 MB. Jadi sangat membantu buat pengguna yang mempunyai memori yang tidak begitu besar.

Avant Browser

Ada beberapa fitur yang menjadi keunggulan dari browser Avant. Salah satunya adalah online profile storage. Ini adalah fasilitas dimana kita bisa menyimpan daftar bookmark, RSS Feed, konfigurasi browser, dan lain sebagainya di Avant Online Storage. Selanjutnya, kita bisa mengakses data-data tersebut dari mana saja.

Avant Browser menyediakan flash animation filter untuk mencegah animasi flash berjalan di browser. Hal tersebut dilakukan karena 85 persen animasi flash di jagat maya adalah iklan. Karena iklan bisa dicegah, pengguna bisa menghemat bandwidth yang biasanya tercurah ke animasi flash.

Kecepatan Avant Browser terhitung biasa, dengan fitur keamanan yang kurang memadai karena belum dilengkapi dengan fitur antispyware, antivirus, apalagi antiphising.

Untuk pengguna internet volume base, browser ini bisa jadi pilihan karena tidak adanya tampilan berbagai animasi yang sering ditampilkan oleh situs web maka bandwidth yang terserap pun akan sedikit.

Safari

Apple kini menghadirkan Safari 4, dengan fitur andalannya yang diberi nama nitro engine. Dengan adanya fitur ini, safari diklaim dapat menjalankan JavaScript sampai dengan 4,5 kali lebih cepat dari terdahulunya yakni Safari 3, serta 4 kali lebih cepat dari Firefox 3, dan 8 kali lebih cepat dari Internet Explorer 8. Fitur baru lainnya juga dibawa Safari 4 untuk dapat menghadirkan pengalaman browsing lebih intuitif dan menyenangkan seperti fitur top sites, full history search dan cover flow. Versi teranyar dari Safari ini juga telah mendukung standar web modern seperti HTML 5 dan advanced CSS effects.

Dari segi pengaman, browser ini tergolong sangat standar seperti fasilitas pemblokir pop-up, spyware, hingga antivirus. Sedangkan pencegahan untuk pelaku phising dan fitur parental control tak tersedia dalam browser ini.

Jadi intinya, jika kita pengguna internet yang mengutamakan kecepatan berjelajah dan beraktivitas browsing saja, browser ini bisa jadi pilihan.

Diantara browser yang disebutkan di atas tadi, sebenarnya masih ada browser-browser internet lainnya, macam Maxthon, Deepnet Explorer, Netscafe, Phase Out, dan lain-lain. Namun browser-browser tersebut kurang begitu berkembang.***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar