Berselancar Lebih Mudah dengan "Social Bookmarking"

MAKHLUK apakah social bookmarking itu? Social Bookmarking adalah salah satu metode bagi pengguna internet untuk menyimpan, mengklasifikasikan, berbagi, dan mencari internet bookmark. Cara lama dari social bookmarking adalah bookmark di beberapa browser atau tab Favorite di Internet Explorer. Dengan social bookmarking, pengguna internet dapat menyimpan hal-hal yang menurut mereka berguna.

Bookmark yang telah tersimpan dapat juga dilihat oleh pengguna lainnya. Bahkan dapat juga diurutkan berdasar kepopuleran isi tersebut, kesesuaian topik, tag bahkan random. Pada perkembangannya social bookmarking juga kini berkembang menjadi social news seperti delicious, reddit, digg, dan portal Netscape. Di layanan social news, pengguna akan mendapatkan update hal-hal yang menarik dari RSS (Really Simple Syndication) feed.

Di situs web penyedia layanan ini pengguna dapat mengklasifikasikan bookmark mereka dengan menambahkan tag pada tiap-tiap item yang ingin dia simpan. Sungguh menarik apabila Anda kerepotan mengelola bookmark di komputer pribadi Anda. Bahkan Anda dapat melihat apa yang di-bookmark oleh orang lain dan hal menarik apa yang terjadi hari ini. Penelusuran di web menjadi lebih enak berdasarkan klasifikasi yang diberikan oleh pengguna. Bukan dari penyedia konten. Istilah kerennya sekarang adalah folksonomy.

Mungkin apabila Anda jeli, saat membaca isi salah satu situs web akan menemukan beberapa link di bawah dari artikel tersebut. Itu adalah link yang memudahkan pembaca untuk membookmark artikel yang sedang Anda baca. Tujuannya bukan hanya untuk mempermudah pembaca untuk mem-bookmark artikel yang sedang mereka baca, melainkan salah satu cara untuk mendongkrak popularitas suatu web di mesin pencari seperti Google atau Yahoo.

Semakin banyak link yang mengarah ke situs web kita, akan semakin baik juga peringkat web kita di search engine (SEO). Mungkin link itu bisa dianalogikan sebagai user yang memberikan nilai bagus di suatu polling untuk menentukan situs web mana saja yang paling bagus.

Kelemahan

Seperti kata pepatah "tak ada gading yang tak retak" begitu pun yang terjadi di social bookmarking ini. Di balik kemudahan yang ditawarkan bagi penggunanya terselip sisi buruk yang didapat dari adanya social bookmarking ini yaitu munculnya spam terhadap layanan ini. Jika suatu situs web di-bookmark, diberi tags, akan memberikan peluang kepada situs web tersebut untuk muncul di search engine. Kemudian oleh para webmaster atau tepatnya para pecinta "black SEO" berlomba-lomba mem-bookmark website mereka dengan tag-tag yang populer, berjumlah banyak.

Terlebih sejak April 2007 ada suatu software yang segaja diciptakan untuk melakukan spam ke layanan social bookmarking secara otomatis. nama softwae itu adalah Trackback Submitter. Sungguh suatu cara yang bisa mengganggu folksonomi yang dibuat ribuan pengguna. Salah satu situs web yang populer nantinya belum tentu suatu situs yang benar-benar di-bookmark banyak user. Melainkan alamat yang di-bookmark oleh software spammer.

Jika kita berbicara mengenai bookmark, ibaratnya adalah kompas yang memandu kita untuk berselancar di ranah maya yang luas ini. Dengan adanya bookmark atau favorite di browser, akan memudahkan kita guna menentukan situs apa saja yang harus dikunjungi. Dahulu, agar tidak ketinggalan update situs-situs yang Anda sukai, Anda harus mem-bookmark situs-situs tersebut di browser komputer Anda dan secara manual mengeceknya secara teratur untuk melihat apakah ada artikel baru yang ditambahkan.

Yang jadi masalah dengan bookmarking tradisional ini adalah, Anda sebagai pengguna internet harus melakukan semua pekerjaan ini dengan kata lain dikerjakan secara manual. Kemunculan bookmark secara online tentunya disambut hangat para pengguna internet terutama orang yang sangat gemar mengoleksi link-link yang bagus, dan saling berbagi dengan pengguna lainnya. Dengan adanya bookmark secara online tersebut kita bisa segera share (berbagi) dengan teman atau kerabat kita.***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar