"Desktop Replacement" Laptop Pengganti Desktop

ADAKAH di dalam benak Anda rencana untuk menyingkirkan komputer desktop dari atas meja kerja serta menggantinya dengan laptop atau notebook? Mengapa tidak! Laptop, karena dirancang dengan tujuan agar mudah dibawa-bawa, berukuran kecil dan tidak banyak mengambil tempat. Menggunakan laptop di atas meja akan menyisakan tempat yang sebelumnya diambil oleh casing CPU atau monitor, terutama monitor CRT, yang bisa digunakan untuk keperluan lain. Lalu apakah yang menjadikan komputer desktop saat ini masih digunakan orang? Hal pertama tentunya soal harga. Teknologi yang digunakan desktop saat ini sudah demikian murah dan terjangkau.

Menggusur desktop dan menggantinya dengan laptop memang bisa-bisa menguras kantong, tidak sebanding dengan tujuan awal yaitu penghematan tempat. Selain itu, komputer desktop high-end masih lebih baik kinerjanya daripada laptop dengan spesifikasi yang setara. Ditambah lagi model-model laptop pengganti desktop (desktop replacement) biasanya tidak gampang di-upgrade atau diotak-atik. Walaupun demikian, beberapa vendor sudah merilis produk laptop yang sebenarnya lebih cocok digunakan sebagai desktop replacement. Desktop mirip laptop ini lebih berat dan lebih besar daripada laptop biasa, dengan layar lebih besar dan prosesor yang lebih cepat.

Lalu apakah kelebihan dan kekurangan teknologi laptop pengganti desktop ini? Yang jelas, laptop pengganti desktop tak lain adalah desktop yang disederhanakan dalam bentuk laptop atau notebook. Jadi, fitur dan komponennya pada dasarnya adalah yang biasa digunakan untuk desktop. Dengan kata lain, laptop pengganti desktop ini tidak bisa disamakan dengan laptop atau notebook sungguhan. Artinya, laptop yang benar-benar menggunakan fitur dan komponen khusus untuk laptop.

Untuk membedakan fitur laptop pengganti desktop dengan laptop sungguhan dan desktop, setidaknya ada empat faktor pembeda, yaitu daya, adapter grafis, display, dan berat.

Daya

Bila Anda berniat membeli laptop seperti ini, ada kemungkinan prosesor yang digunakan bukan prosesor khusus laptop. Prosesor yang dirancang khusus untuk laptop untuk menghemat daya mampu mengurangi konsumsi daya bila proses komputasi yang dikerjakan tidak memerlukan kecepatan tinggi. Namun, prosesor seperti ini lebih mahal, dan kinerjanya pun tidak sebaik prosesor desktop.

Kartu grafis

Salah satu kekurangan komputer laptop dibandingkan dengan desktop adalah di bidang grafis. Untuk menghemat biaya dan daya, banyak pembuat laptop menggunakan kartu grafis yang punya kemampuan sekadarnya. Lagipula, kerja yang memerlukan kemampuan grafis maksimum seperti desktop publishing dan game biasanya dilakukan pada komputer desktop. Akan tetapi, saat ini vendor kartu grafis (graphic card) seperti ATI dan NVIDIA sudah mengeluarkan cip untuk laptop yang kemampuannya mulai menyamai adapter grafis yang biasa ditemukan pada desktop. Bila Anda berniat menggunakan desktop replacement, tak ada salahnya memilih laptop dengan adapter grafis seperti ini.

"Display" (peraga)

Layar yang besar tak diragukan lagi akan menjadi persyaratan mutlak bila Anda berniat membeli desktop replacement. Paling tidak, ukuran layar monitor haruslah di atas lima belas inci, kalau bisa wide screen agar tampilan gambar lebih halus serta nyaman di mata saat memutar DVD atau blu-ray. Sekarang bahkan sudah ada yang menjual desktop replacement dengan layar sebesar dua puluh inci. Bila Anda menemukan model seperti ini, mungkin Anda harus berpikir-pikir dulu. Karena model laptop yang tak lagi pantas disebut laptop seperti ini tidak muat dalam tas laptop yang tersedia di pasaran.

Bobot

Walaupun relatif tidak memakan tempat, desktop replacement biasanya lebih berat daripada laptop atau notebook. Oleh karena itu, bila Anda juga berniat menggunakannya sebagai komputer portabel, pikirkanlah lagi. Berat laptop pengganti desktop bisa mencapai tujuh kilogram. Dengan melihat empat faktor itu, maka tampak bahwa laptop pengganti desktop lebih banyak mengadopsi teknologi yang digunakan pada desktop.

Laptop ini mempunyai keunggulan dari segi bentuk karena lebih portable dibandingkan dengan desktop, tetapi tentengannya tidak semanis laptop sungguhan. Hal itu disebabkan bobot laptop pengganti dekstop jauh lebih berat dibandingkan dengan laptop sungguhan. Faktor harga yang relatif lebih ekonomis menjadikan laptop pengganti desktop ini lebih unggul dibandingkan dengan laptop. Penasaran dengan desktop replacement? Sebelum memutuskan untuk membeli, simaklah ulasan tentang fitur beberapa laptop pengganti desktop ini di http://reviews.cnet.com/best-desktop-replacements/ atau http://www.laptopmag.com serta situs lainnya.***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar