Komputer dan Data Tetap Aman Ditinggal Mudik

Mudik sepertinya sudah menjadi keharusan bagi Muslim perantau setiap menjelang Lebaran. Tidak sedikit yang pulang kampung sampai begitu jauhnya dari kota sehingga harus meninggalkan barang-barang serta rumah yang biasa ditempatinya. Salah satu barang yang juga ditinggalkan adalah komputer beserta data yang ada di dalamnya. Walaupun saat ini harga komputer di pasaran sudah tidak begitu mahal tetapi data yang tersimpan di komputer bisa jadi lebih mahal dari kompu-ternya. Oleh karena itu, sebelum kita mudik ada beberapa tips yang bisa digunakan supaya komputer dan data kita tetap aman.

Komputer adalah barang elektronik. Barang elektronik paling sensitif terhadap air ataupun sesuatu yang dapat membuatnya rusak. Sebelum mudik, pastikan komputer kita jauh dari kemungkinan terkena air misalkan dijauhkan dari akuarium atapun udara yang lembap. Bila komputer tidak tertutup casing-nya, sebelum mudik pastikan juga casing tertutup dengan aman. Hal itu untuk menghindari udara dingin serta binatang kecil yang masuk ke dalam CPU, terkadang ada cicak yang masuk ke dalam CPU hingga mati ataupun kencing, tentu hal ini akan sangat berbahaya karena dapat menimbulkan korsleting.

Kabel arus yang terhubung dengan komputer sebaiknya juga kita lepas, hal ini harus kita lakukan untuk menghindari jika terjadi kelebihan arus yang dapat menyebabkan rusaknya perangkat komputer kita. Biasanya terjadi jika setelah mati lampu atapun terjadi karena adanya induksi dari sambaran petir. Tidak hanya kabel power yang harus dicabut, jika kita menggunakan jaringan lokal yang terhubung dengan switch, sebaiknya kita juga lepas berikut switch-nya. Selain itu, apabila di komputer kita terpasang TV tuner yang terhubung dengan antena ataupun TV Kabel, pastikan juga dilepas jika memang benar-benar tidak digunakan.

Penggunaan cover monitor dan CPU akan mengurangi risiko komputer kita terkena debu, kotoran, ataupun udara lembap. Baiknya, kita juga bisa menyimpan komputer kita di tempat yang aman dari guncangan ataupun gempa.

Agar data aman

Setelah kita memastikan secara fisik komputer kita sudah aman, selanjutnya mengamankan data yang ada di komputer. Hal yang harus dilakukan adalah melakukan backup. Backup dapat dilakukan dengan menggunakan external harddisk yang berkapasitas besar sehingga dapat menampung backup dari komputer kita lebih banyak lagi. Kita juga dapat menggunakan CD atapun DVD untuk melakukan backup data yang ada dikomputer. Tentunya membutuhkan berkeping-keping CD/DVD jika kita ingin membackup semuanya dan juga komputer harus terpasang CD writer dan software burning.

Jika ada keterbatasan pada media backup , backup-lah data yang benar-benar penting seperti data keuangan atapun data rahasia lainnya. Alangkah baiknya jika kita melakukan backup tidak hanya ke dalam satu media, kita dapat menggunakan external harddisk dan juga kita gunakan piringan CD/DVD.

Apabila ada data yang diperlukan untuk dibawa saat mudik, sebaiknya gunakan data backup dengan tetap mencatat history perubahan yang dilakukan apabila saat mudik melakukan perubahan data tersebut sehingga tetap sinkron dengan data aslinya yang ada dikomputer.***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar