Mampu Menjatuhkan Pesawat Jet Berkecepatan Suara
Humvee Berlaser, Lengkapi Pasukan AS

BEBERAPA tahun ke depan, pasukan AS akan mendapat perlengkapan kendaraan baru yang membawa senjata "super canggih ", yaitu sinar laser. Bagi orang yang suka bermain play station (PS) penggunaan senjata "sinar" dalam conflict, sudah tidak asing lagi. Digambarkan, sebuah kendaraan militer, yang memiliki persenjataan senapan cahaya akan melumerkan benda apa saja yang ada di depannya, baik itu berupa bangunan berbeton tebal, baja maupun benda bergerak, seperti mobil,motor bahkan pesawat terbang akan rontok, manakala sinar laser itu menabrak benda yang ada di depannya.

Tanggal 29 Februari 2009, perusahaan Boeing yang cukup dikenal sebagai pembuat pesawat komersil mendapat order dari pemerintah AS untuk mengetes hasil karyanya yang sudah digeluti sejak tahun 2005. Hampir lima tahun mereka menggambar dan membentuk sebuah kendaraan tempur, yang lebih canggih dibandingkan dengan kendaraan tempur yang sekarang sedang dipakai di medan tempur Irak dan Afganistan.

Uji coba dilaksanakan, di padang pasir New Mexsiko,salah satu wilayah di negara bagian AS. Sebuah kendaraan jenis humvee, bergerak dengan perlahan menjelajahi padang pasir yang gersang tsb.Berbeda dengan tampilan biasa, yang hanya dilengkapi senjata mesin otomatis 12,7 mm, dan kelengkapan standar lainnya. Kini humvee itu di punggungnya dilengkapi peralatan lain berupa meriam "sinar laser ". Pada bagian peralatan baru itu, memiliki dua moncong yang satu berlubang besar dan lainnya kecil. Menurut Gary Fitzmice, Wakil Direktur perusahaan Boeing dan Direktur Decenter Energy Center Boeing, lubang-lubang itu adalah tempat keluarnya berkas sinar laser "pembunuh ".

Dari lubang-lubang inilah, keluar sinar laser, menghancurkan benda benda bergerak ataupun yang diam. Seperti halnya bangunan gedung, kendaraan lapis baja dan benda lainnya yang berlapis baja atau berbeton tebal. Berkas sinar laser bisa digunakan untuk serangan jarak jauh, atau untuk merontokkan pesawat tempur yang terbang tinggi dan berkecepatan tinggi secepat suara pula. Setiap kendaraan tempur tsb, kelak menggunakan kekuatan laser beberapa kilowatt yang bila diperlukan bisa ditingkatkan kekuatannya berlipat-lipat, tergantung pada posisi benda yang akan dijadikan sasaran.

Dalam keadaan hening, sayup-sayup terdengar suara deru pesawat. Di angkasa terlihat sebuah titik noktah kecil bergerak cepat. Namun beberapa detik kemudian,tiba tiba seberkas sinar berwarna merah terang, memancar cepat memburu pesawat di ketinggian 40.000 feet di atas permukaan laut. Diikuti suara ledakan menggelegar, seiring dengan hilangnya berkas sinar merah, tampak kepingan pesawat tanpa awak itu bertebaran di angkasa diiringi tepuk tangan para peninjau di lapangan tempat uji coba.

Belum habis sorak sorai, announcer memberitahukan ada acara lain yang cukup menarik. Dari balik rumpun pepohonan perdu padang pasir tersebut, muncul benda seperti sosok manusia. Ternyata benda itu adalah robot yang membawa senapan mesin.Robot itu memberondongkan senapannya ke arah humvee. Namun sebelum suara tembakan itu berhenti, enam robot yang memberondong kendaraan tempur itu hancur berantakan setelah seberkas sinar merah menyambar tepat ke arah robot robot tersebut.

**

Pengembangan research dan pembuatan persenjataan baru pasukan tempur AS, memang telah direncanakan sejak awal tahun 1995. Tapi karena laju inflasi tiap tahun terus meningkat, jadi alokasi dana yang tersedia selalu tidak mencukupi.Pada awal perencanaan dianggarkan US 1,5 miliar dolar AS, kemudian meningkat jadi 3,6 miliar dan tahun 2007/2008 naik lagi jadi 14 miliar dolar AS. Hasil upaya sementara yang telah dicapai adalah, sebuah kendaraan tempur super canggih dari jenis humvee .

Kendaraan multi guna ini, dilengkapi senjata sinar laser untuk menambah kemampuan daya serangnya. Selain itu, untuk mengurangi korban serdadu di berbagai medan sulit, pemerintah AS juga tengah membuat model dari robot -robot sniper yang bisa terbang.Semua perlengkapan baru tersebut, semuanya akan dikirim ke medan perang di Iraq dan Afganistan.

Harga sebuah jeep canggih ini, bila sudah siap pakai diperkirakan antara 8 juta hingga 23 juta dolar AS, tergantung dari kelangkapan yang diminta. Dan bila dikonversikan ke rupiah dengan kurs Rp 10.000,00 , maka harga mobil itu sekitar Rp 8 miliar s/d Rp 23 miliar per buah. Rencananya untuk sementara waktu tidak akan dijual atau dikembangkan keluar Amerika. Terkecuali bila kebutuhan untuk di dalam negerinya sudah terpenuhi, mungkin baru dibuat untuk negara negara sekutu yang membutuhkan. ***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar