Kemuliaan Bulan Ramadan

BULAN Ramadan 1430 H telah tiba. Orang mukmin tentunya sangat gembira menyambutnya karena bulan Ramadan adalah bulan agung, penuh berkah, dan kemuliaan. Allah SWT telah mewajibkan kepada orang-orang mukmin berpuasa, agar menjadi orang bertakwa.

Rasul menyatakan, "Orang yang berpuasa berhak mendapatkan dua kegembiraan, jika berbuka ia bergembira, jika bertemu Rabb-nya ia juga bergembira karena puasanya." (H.R. Bukhari Muslim, Ibnu Majah, An-Nasai, dan Ahmad)

Dengan berpuasa, orang mukmin mendapatkan keutamaan yang terkandung di dalamnya dan pahala yang amat besar. Rasulullah bersabda, "Setiap amal anak Adam dipergunakan, satu kebaikan dibalas dengan sepuluh kebaikan yang serupa sampai tujuh kali." Allah `Azza wa jalla berfirman, "Kecuali puasa, sesungguhnya puasa itu untuk-Ku dan Aku sendiri yang membalasnya." (H.R. Muslim, An-Nasai, Ad-Darimi, dan Al-Baihaki).

Untuk meraih kesuksesan pada bulan Ramadan, kita harus memperhatikan dan menyiapkan input dan proses selama Ramadan. Ada tiga hal yang perlu dipersiapkan. Pertama, persiapan ilmu. Kedua, persiapan aspek rohaniah dan upaya memperbarui keimanan. Ketiga, perencanaan proses. Kita perlu menyiapkan program Ramadan dan apa saja yang akan kita kerjakan selama Ramadan.

Kesuksesan menjalani proses selama Ramadan hanya akan bisa diraih jika pemahaman tentang sekularisme itu kita tinggalkan. Kemudian, kita mengambil Islam secara utuh sebagai sistem kehidupan. Orang yang berpuasa dan tetap berupaya menjaga puasanya, semata-mata karena mengharap rida Allah. Biasanya tidak bergantung pada kehadiran siapa pun, kecuali kesadaran selalu diawasi oleh Allah SWT.

Oleh karena itu, aktivitas perjuangan dakwah untuk mewujudkan penerapan syariah secara kaffah merupakan aktivitas Ramadan. Bahkan, selayaknya menjadi aktivitas utama selama Ramadan. Aktivitas taqarrub yang utama dan agung, yaitu aktivitas untuk menegakkan syariah dan khilafah. Aktivitas itulah yang bisa menjadikan Ramadan tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar