Bing Ancam Eksistensi Google?

Tidak dimungkiri, dunia maya merupakan media yang sangat ampuh untuk melakukan berbagai aktivitas untuk saat ini. Melalui dunia maya kita bisa bertukar informasi, memublikasikan berbagai tulisan, mengirim surat elektronik, melakukan penelitian, mencari data, gambar, dan sebagainya. Namun tentu saja walaupun kita bebas berkreasi didunia maya ada aturan atau kode etik yang tidak boleh kita langgar.

Dengan semakin populernya penggunaan jaringan internet ini, tidak sedikit masyarakat yang mendulang kesuksesan melalui dunia maya tersebut. Secara sederhana kita bisa melakukan bisnis apa pun melalui dunia maya. Sebagai contoh jika seorang petani ingin memasarkan produknya di dunia maya. Petani tersebut cukup menampilkan gambar atau foto yang sesuai dengan produk yang mereka tawarkan. Untuk menjual produk di internet, ia harus mengetahui harga berbagai produk pertanian tersebut. Karenanya petani tersebut harus menggunakan mesin pencari seperti google.com, bing.com, msn, dan sebagainya. Tujuannya tentu saja agar produk dengan kualitas yang sama harga yang ditawarkan juga relatif sama.

Dunia maya belakangan ini makin marak, penyebabnya antara lain murahnya koneksi internet baik bagi pengguna rumahan maupun masyarakat secara umum. Selain itu koneksi internet kini bisa dilakukan di mana saja, kapan saja dan oleh siapa saja. Dengan demikian tentu peluang bisnis melalui dunia maya bisa dikatakan ladang bisnis yang tidak akan pernah habis.

Melalui dunia maya kita bisa mencari informasi, berbisnis, membuat pencitraan, dan sebagainya. Bahkan dalam dunia kerja pun kini tidak sedikit yang sudah memanfaatkan dunia maya untuk berbagai kegiatannya, misalnya transaksi elektronik, ujian online, melamar pekerjaan online dan sebagainya.

Dengan semakin marak dan berkembangnya dunia maya ini, peluang tersebut tidak disia-siakan oleh sebagian vendor dan pengembang untuk berinovasi. Salah satu inovasi terkini yang dilakukan oleh Microsoft adalah dengan dibuatnya mesin pencarian di internet bernama "bing". Mesin pencarian yang bisa di akses dengan menuliskan http://www.bing.com ini muncul ketika masyarakat dunia menginginkan sesuatu yang baru dalam hal pencarian dokumen, data maupun informasi.

Perkembangan mesin pencarian ini memang sedikit lambat dibandingkan dengan tumbuhnya aplikasi-aplikasi lainnya. Mesin pencarian di dunia maya saat ini memang cukup banyak, namun dari sekian banyak mesin pencarian tersebut hanya beberapa yang bertahan hidup. Padahal dulu kita mengenal mesin pencarian seperti Altavista.com, goole.com, gule.com, google.com, dan sebagainya. Keberadaan beberapa mesin pencari tersebut sebagian besar mulai tergeser dengan adanya google yang memberikan berbagai kemudahan, kecepatan, kecanggihan dengan berbagai fitur yang ada di dalamnya.

Bertahannya google.com ini berkaitan erat dengan fitur yang ada seperti user account yang bisa digunakan secara bersama untuk melakukan berbagai aktivitas melalui google, seperti gmail, blogger.com, dan sebagainya. Begitu juga dengan fasilitas pencarian secara otomatis dapat disaring atau dipisah berdasarkan keinginan, misalnya pencarian gambar, blog, buku, dan sebagainya.

Namun dengan hadirnya bing.com yang dikeluarkan Microsoft tampaknya google harus bersiap-siap karena ada pesaing baru yang fitur dan fasilitasnya relatif hampir sama dengan google. Yang membedakan bing.com latar belakangnya berubah-ubah dengan tampilan image yang anggun dan menaran. Mesin pencari terbaru yang saat ini masih beta ini kehadirannya perlu diwaspadai karena bisa saja satu atau dua tahun ke depan akan menggeser kedudukan google.com. Hal ini hampir sama ketika altavista.com digeser oleh google.com beberapa tahun lalu.

Walaupun mesin pencari di internet keluaran Microsoft ini masih baru dan masih terus dikembangkan, namun dari segi kecepatan dan kehandalan mesin pencari tersebut cukup canggih dan bisa dikatakan lebih cepat dibandingkan dengan mesin pencari lain, namun fiturnya untuk saat ini masih kurang banyak.

Dalam hal menampilkan hasil pencarian mesin bing.com ini sangat canggih, terutama ketika pengguna mencari data yang berhubungan dengan gambar atau image. Dokumen gambar akan ditampilkan sesuai keinginan dan secara utuh akan ditampilkan di halaman browser Anda. Begitu juga dengan account dan username yang saat ini Anda miliki di msn.com, hotmail.com, windowslive.com dan sebagainya secara otomatis bisa digunakan di bing.com. Jadi tentu saja dengan fasilitas ini hampir sama dengan fasilitas account yang disediakan oleh google selama ini untuk mengakses banyak informasi.

Bing.com selain menawarkan fasilitas untuk mencari dokumen biasa, gambar, berita, juga ada fasilitas lain bernama Extras. Dengan fasilitas ini pengguna bisa menampilkan berbagai hal yang berhubungan dengan preferences, blogs, dan advertising. Bahkan dengan fasitas ini Anda bisa berkomunikasi dengan komunitas lain yang ada di dunia maya seperti bing Community dan lain-lain. Jika Anda sudah memiliki account di msn.com, hotmail.com, atau Windowslive.com Anda bisa langsung join ke bing Communty dan menuliskan berbagai hal yang berhubungan dengan media tersebut. Kita tunggu perkembangannya selanjutnya.***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar