Video Game Bisa Bikin Anak Sehat, Lho!


Permainan video game tidak selamanya buruk bagi perkembangan anak. Sebuah studi menyebutkan bahwa video game bisa menjadi alternatif bagi anak untuk berolahraga.

Pusat Penelitian Kesehatan Universitas Oklahoma, Amerika Serikat membuktikan adanya pembakaran kalori saat anak bermain video game, seperti yang dikutip dari sciencedaily, Jumat (17/7/09).

Video Game yang dimaksud oleh peneliti bukanlah video game yang hanya memijit stik dari konsole. Namun, game-game seperti Dance-Dance Revolution ataupun game-game olahraga di konsole Wii.

Penelitian dilakukan dengan memberikan beberapa anak kegiatan yang berbeda, yakni menonton televisi, bermain game dan berjalan di treadmill. Dibandingkan dengan menonton TV, kalori yang terbakar saat bermain video game dua hingga tiga kali lipat lebih besar. Sedangkan bermain game di level yang lebih tinggi mengeluarkan kalori yang hampir sama dengan berjalan dengan kecepatan 3,5 mil per jam di treadmill.

Dari penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa bermain video game juga dapat membakar banyak kalori anak, tergantung dari level yang dimainkannya. Hasil studi ini mungkin bisa menjadi kabar kembira bagi orang tua yang kesulitan membujuk anaknya untuk berolahraga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar