BELANJA ONLINE YUK!

MAKIN banyaknya pengguna facebook di Indonesia, bikin online shop juga makin marak. Dari mulai jualan baju, sepatu, kamera, action figure, and so on. Online shopping ada untung sama ruginya juga. Keuntungannya, biasanya barang yang dijual barang yang emang jarang kita temuin, terus tinggal klik and deal kita bisa dapet barang yang kita inginkan, pembayaran dilakukan secara transfer, and voila next day barang udah di tangan kita. Tapi ada juga kerugiannya, kita nggak tahu kondisi barang secara langsung, kalau kecewa sama kondisi barangnya kita nggak bisa kembaliin, harga barang yang tadinya murah jadi mahal gara-gara ongkos kirim. Untuk itu there’re some tips;

1. Browsing

Jangan stuck cuma di satu tempat aja. Dengan rajin-rajin browsing mungkin kita bakalan nemuin barang-barang yang jauh lebih menarik dengan harga yang terjangkau.

2. Don’t stop to ask

Karena transaksi dilakukan di dunia maya, otomatis kita nggak tahu keadaan barang secara nyata. Untuk itu jangan ragu buat banyak tanya. Tanyakan kondisi barang secara detil, apakah itu baru atau second. Kalau second, jangan lupa tanyain apa ada cacat atau nggak. Lebih baik banyak nanya, daripada menyesal kemudian.

3. Make sure the price

Sebagai smart shopper kita pasti nyari harga yang murah. Dan nggak ada salahnya buat melobi si penjual untuk dapat harga yang lebih murah. Tapi, kalau harganya udah pas, yah…well it’s up to you. Tapi biasanya para penjual online jualan dengan harga yang relative murah, karena mereka mikirin ongkos yang harus dibayar pembelinya.

4. Before deal

Setelah cocok dengan kondisi barang dan harganya, tinggal deal. Tentukan bank tempat kamu transfer dan pastikan si penjual menggunakan jasa pengiriman barang yang terpercaya. Tapi kalau masih dalam kota yang sama, lebih baik kamu janjian sama penjualnya deh. Selain menghemat ongkos, kamu juga bisa kenal sama penjualnya.

5. Check your money

Ngeliat barang yang begitu menarik bikin kita jadi pengen memilikinya, tapi pikirin dulu baik-baik apakah kita bener-bener perlu barang itu? Lihat kocek kita juga, apakah cukup? Jangan sampai malah uang kita habis dengan percuma. Dan satu lagi, jangan coba-coba permainkan penjual online. Kalau memang nggak berminat sebaiknya nggak usah tanya macem-macem, mereka juga manusia yang lagi berusaha mencari penghidupan lewat online shop. Okay… Happy shopping all!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar