Mengecat Rumah Bak Profesional, Ini Tipsnya!

Bosan dengan warna kamar yang itu-itu saja? Atau sudah berencana mengubah warna cat karena mulai kusam? Ini tipsnya!

Pertama-tama siapkan seluruh alat yang diperlukan seperti cat, kuas, rol, ember,
dempul, plamir, plester, vacuum cleaner, plastik/koran bekas.

Keluarkan barang-barang di kamar Anda sebanyak mungkin, sisanya pindahkan ke tengah ruangan. Vacum lah seluruh tembok dan plafon hingga semua sudut sempit yang ada. Jangan lupa untuk menutupi furniture dengan plastik atau koran bekas.

Lihatlah keseluruh permukaan tembok. Tutuplah semua lubang bekas paku dan keretakan-keretakan yang ada pada tembok dengan menggunakan dempul, ratakan dengan plamir. Hal ini harus dilakukan karena cat tidak bisa menutupi keretakan sekecil apapun.

Untuk memasuki tahap pengecatan, bukalah satu galon cat, kemudian masukkan cat ke dalam ember dan campurkan dengan air dengan perbandingan sesuai yang dianjurkan produsen cat tesebut. Pastikan cat dan air sudah tercampur dengan sempurna. Untuk mengecat 1 kamar berukuran standar, 1 galon cat sudah lebih cukup.

Jika ruangan Anda memiliki baseboard (alas tembok), maka dahulukan bagian ini supaya nantinya sudah kering ketika ingin ditutupi dengan plester sebelum mengecat temboknya.

Cat plafon dengan menggunakan roll. Anda tidak perlu membasahi roll dengan air
sebelumnya. Hal itu hanya menyebabkan cat menetes dan membuang waktu.

Kini saatnya mengecat bagian tembok. Dalam pengecatan, lakukan dalam beberapa lapis. Tunggulah sampai cat mulai mengering, baru beri lapisan cat berikutnya. Cabut plester pada baseboards ketika cat sudah mengering seluruhnya.

Terakhir, susunlah barang-barang Anda kembali sesuai yang Anda inginkan. Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar